Monday, May 2, 2016

Glosarium


Atom
adalah unit dasar dari semua benda yang terdiri dari nukleus (inti atom) dan dikelilingi oleh awan elektron bermuatan negative

Biosfer
Bagian atmosfer, lisosfer dan hidrosfer bumi yang dapat didiami oleh makhluk hidup.

Dinding sel
Adalah  fitur karakteristik sel tanaman, bakteri, jamur, alga dan beberapa archaea. Daerah ini terletak di luar membran sel. Fungsi utama dari dinding sel adalah untuk memberikan kekakuan, kekuatan, dukungan struktural, perlindungan terhadap stres mekanik dan infeksi.

Ekosistem
suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

Epitel
Jaringan epitelium penutup berperan melapisi permukaan tubuh dan jaringan lainnya. Jaringan ini terdapat pada permukaan tubuh, permukaan organ, melapisi rongga, atau merupakan lapisan sebelah dalam dari saluran yang ada dalam tubuh, misalnya dalam saluran pencernaan dan pembuluh darah.

Eukariotik
Kelompok makhluk yang inti selnya lengkap memiliki selaput.

Flagela
Cambuk sel; tonjolan gerak yang dapat digerakan ke segala arah.

Floem
Pembuluh tapis yaitu berfungsi sebagai pengangkut zat makanan (zat hara) dari daun ke daun dan alat lainnya.

Jaringan
Kumpulan sel yang memiliki bentuk, susunan dan fungsi yang sama

Kapsul
Selaput yang berbentuk lonjong bulat yang di dalamnyaterdapat bahan kimia

Kloroplas
Butiran dalam sel tumbuhan hijau yang mengandung klorofil. Kloroplas meiliki bentuk seperti cakram. Kloroplas terdiri atas suatu matriks berprotein tidak berwarna, disebut stroma yang terbungkus oleh dua selaput.

Komunitas
Kumpulan populasi berbagai species dalam suatu daerah

Membran sel
Membran Sel atau Membran Plasma adalah struktur selaput tipis yang menyelubungi sebuah sel yang membatasi keberadaan dari sebuah sel, sekaligus juga memelihara perbedaan-perbedaan pokok antara isi sel dengan lingkungannya.

Mikroskop
sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat secara kasat mata. Mikroskop merupakan alat bantu yang dapat ditemukan hampir diseluruh laboratorium untuk dapat mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis).

Mitokondria
salah satu organel sel dan berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup, selain fungsi selular lain, seperti metabolisme asam lemak, homeostasis kalsium, transduksi sinyal selular, biosintesis pirimidina, dan penghasil energi yang berupa adenosina trifosfat

Molekul
Senyawa berbagai atom membentuk suatu zat yang bersifat khas

Senyawa
zat tunggal yang dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana. Contohnya air, air dapat diuraikan menjadi hydrogen dan oksigen jika dialiri arus listrik (elektrolisis). Hidrogen dan oksigen merupakan unsur sedangkan air merupakan senyawa

Multisel
organisme yang mempunyai banyak sel

Nukleus
Merupakan Inti sel. Pusat pengatur segala kegiatan sel.

Organ
Beberapa jaringan yang saling bekerja sama mendukung fungsi tertentu

Organel
Peralatan sel; terdiri dari; membrane sel, mitokondria, lisosom, peroksisom, RE, sentriol, alat golgi, inti dan tonjolan (flagella, cilia, pseudopodia)

Organisme
makhluk hidup yang terdiri dari banyak komponen yang saling terkait dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama

Otot
sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang

Prokariotik
sel primitif yang tidak memiliki nukleus

Pili
struktur berbentuk seperti rambut halus yang menonjol dari dinding selberfungsi sebagai penghubung saat bakteri melakukan konjugasi (pertukaran materi genetik).
           
Sel
unit struktural dan fungsional terkecil penyusun Mahluk Hidup

Sistem Organ
Organisasi dari beberapa organ

Sitoplasma
bagian sel yang terbungkus membran selPada sitoplasma terdapat sitoskeleton, berbagai organel dan vesikuli, serta sitosol yang berupa cairan tempat organel melayang-layang di dalamnya.

Unisel
uniselular yang hanya mempunyai satu sel

Vakuola
merupakan ruang dalam sel yang berisi cairanyang berupa rongga yang diselaputi membrane (tonoplas). Cairan ini adalah air dan di dalamnya terlarut zat seperti enzim, lipid, alkaloid, garam mineral, asam, dan basa.

Xylem
sebagai tempat pengangkutan air dan zat-zat mineral dari akar ke bagian daun

Comments
0 Comments